https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS PENGARUH BRAND EXTENSION SO KLIN DETERGENT KE SO KLIN SOFTENER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PURWOREJO | Tantono | SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis

ANALISIS PENGARUH BRAND EXTENSION SO KLIN DETERGENT KE SO KLIN SOFTENER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PURWOREJO

Erwin Tantono

Abstract


Dengan perubahan yang terjadi di dunia pemasaran menuntut perusahaan untuk dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan keputusan untuk membeli suatu produk. Semakin banyak produk yang dihasilkan, maka perusahaan tidak lagi dapat mengelola merek dengan bertumpu pada manajemen merek yang konvensional. Salah satu cara untuk mengelola sebuah merek agar dapat bertahan maka perusahaan menggunakan strategi perluasan merek (Brand Extension). Salah satu perusahaan nasional yang telah mengembangkan strategi brand extension adalah perusahaan Wings. Perusahaan ini telah mengembangkan strategi brand extension dari produk So Klin detergent ke produk So Klin softener. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh similarity, reputation, perceived risk, dan innovativenes terhadap keputusan pembelian So Klin softener di Purworejo. Populasi penelitian ini adalah konsumen So Klin softener di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu dengan judgement sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel similarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian So Klin softener di Purworejo. Reputation berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian So Klin softener di Purworejo. Perceived risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian So Klin softener di Purworejo. Innovativenes berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian So Klin softener di Purworejo. Kata kunci: similarity, reputation, perceived risk, innovativenes, dan keputusan pembelian.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2B.3958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.